Sabtu, 03 April 2010

ARTKEL KESEHATAN

ANCAMAN KANKER SERVIKS BAGI WANITA

Kanker serviks atau sering disebut kanker mulut rahim adalah momok bagi para wanita dan sesuatu hal yang menakutkan. Semua wanita berisiko untuk mengidap penyakit ini tetapi penyakit ini belum menjangkau masyarakat banyak.

Menurut Dr. Puguh, semua wanita yang aktif seksual akan memiliki risiko tekena kanker serviks, dan penyakit ini pun bisa mengenai siapa saja tanpa memandang usia dan gaya hidup.

Umumya, kanker serviks mulai menyerang dari mulut rahim (Bagian dari uteru atau rahim), kemudian mencapai vagina dan virusnya akan menyebar secara bertahap, dan harus dilakukan pengobatan sejak dini.

Serangan paling umumnya adalah terjadi dari virus HPV (Human Pappiloma Virus). Ada kira-kira 100 jeniss HPV yang terdeteksi tetapi tidak berbahaya dan tidak menunjukan gejala. ada sebanyak 40 jenis HPV dapat menimbulkan kanker serviks melalui hubungan sekssual dan sasaranya menyerang kelamin, tetapi dapat juga menyebar melalui pembuluh darah , pembuluh limfe menuju ke kelenjar getah bening., parametrium, korpus uterus, kandung kencing dan rectum. Terdapat 15 jenis tipe HPV yang dapat menyebabkan kanker serviks yaitu HPV 16, 18, 45 dan 31 yang merupakan penyebab lebih dari 80% kanker serviks di Asia Pasifik dan Dunia
.

Beberapa faktor yang diduga dapat menyebabkan kanker serviks adalah sosidemografis yang meliputi usia, status ekonomi sosal dan aktivitas seksual meliputi usia berapa pertama kali melakukan seks, berganti-ganti pasangan seks, paritas, kurang menjaga kebersihan genital, merokok, riwayat penyakit kelamin, trauma kronis pada serviks, serta penggunaan alat kontrasepsi oral dalam jangka waktu lama yaitu empat tahun.

Beberapa gejala kanker servikss :
a. Hilangnya nafsu makan dan turun berat badan
b. Nyeri tulang panggul dan tulang belakang
c. Nyeri pada anggota gerak (kaki)
d. Terjadi pembengkakan pada area kaki
e. Keluarnya feases dan urin dari vagina
f. Pendarahan setelah senggama yang kemudian berlanjut ke pendarahan yang abnormal
g. Timbul gejala anemia setalah pendarahan kronis

Untuk mencegah kanker serviks ini tersebar, ada beberapa cara dalam pencegahannya, diantaranya :
a. Makan sayuran pembai HPV dan brokoli.
b. Tidak merokok
c. Hindari hubungan intim dengan berganti-ganti pasangan
d. Melakukan vaksinasi pada remaja putri atau orang dewasa
e. Pemeriksaan secara berkala

Pentingnya menjaga diri dari penyakit yang marak terjadi mulai dari diri kita sendiri dengan menjaga makanan, olah raga dan menjaga peragaulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar