Minggu, 09 Mei 2010

Keindahan dan kenikmatan dalam bersyukur

Hidup ini akan indah dan akan terasa tidak menjadi beban jika kita dapat melihat suatu hal apapun dengan terbuka. Terbuka melihat hal kecil dihadapan kita, terbuka melihat dan menghadapi cobaan yang kita alami, terbuka dalam berfikir, betapa kita lebih beruntung dengan keadaan kita, dengan apa yang kita dapat sekarang dan yang kita miliki sekarang dibanding dengan orang lain yang belum tentu bisa mendapatkan apa yang kita miliki sekarang dan masih banyak keterbukaan dalam hal apapun yang harus kita lakukan dalam menyikapi suatu hal dalam kehidupan.

Manusiawi, jika setiap orang ingin mendapatkan dan menginginkan suatu yang lebih dari apa yang ia telah miliki. Tidak sedikit orang yang tidak merasa puas dengan yang ia miliki dan apa yang ia capai dalam hidupnya, sebagai contoh : dalam bekerja, seseorang pastinya ingin mendapat hasil yang lebih baik, ada pula orang yang mengeluh dengan hidupnya yang mungkin dianggapnya serba kekurangan dengan pengahasilan yang minim sehingga tidak cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya, itu hal yang wajar, tetapi itu akan membuat hidup menjadi terbebani.

Dengan bersyukur akan lebih menenangkan dan memberi kenikmatan sendiri, ibarat kita memiliki uang hanya Rp.1000 kita sudah merasa kaya dan beruntung, dan bersyukur akan mengurangi sifat iri terhadap orang yang memiliki lebih dari diri kita.

Ada satu cerita, ada si miskin dan si kaya, lalu ada seseorang yang bertanya saat melihat si miskin mengeluh nasibnya, dan orang itu bertanya, "Mengapa kamu mengeluh sperti itu?", lalu si miskin menjawab, "bagaimana tidak, penghasilan saya tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan keluarga", dan seseorang itu bertemu dengan si kaya lalu bertanya, "mengapa anda selalu bahagia seperti tidak ada beban?", lalu si kaya menjawab, "karena saya selalu mensyukuri semua hal yang saya miliki dan yang telah saya dapatkan". Akhirnya si miskin semakin miskin karena selalu mengeluh dan tidak mensyukuri dan si kaya semakin kaya karena ia selalu menikmati dan mensyukuri apa yang telah ia dapat.

Sebenarnya tidak sulit untuk bersyukur, hanya butuh kepekaan memandang ke sekitar kita. Selain bersyukur, usaha untuk mencapai yang lebih baik juga diperlukan. Hidup akan terasa indah dan tidak menjadi beban jika selalu bersyukur dan selalu berusaha.

"Terus berusaha meraih kesuksesan. Semangat".



Tidak ada komentar:

Posting Komentar