Sabtu, 05 November 2011

SARBANE OXLEY

Sarbane oxley? Sebenernya baru denger juga sih..hehe. Setelah baca-baca di internet, Sarbane oxley adalah hukum federal Amerika Serikat yang berlaku pada tanggal 30 Juli 2002, sekarang menetapkan standar baru atau disempurnakan untuk semua US publik perusahaan, manajemen dan perusahaan akuntan public. Hal ini dinamakan setelah sponsor Senator AS Paul Sarbanes ( D - MD ) dan Perwakilan AS Michael G. Oxley ( R - OH ).
Kayanya kalau kita bahas tanpa kita tahu sejarahnya nanti gag nyambung yaa…?. Jadi kita pelajari dulu yuk sejarahnya Sarbane oxley Act of 2002 ( Pub.L. 107-204 , 116 Stat. 745, disahkan tanggal 30 Juli 2002), juga dikenal sebagai "Reformasi Akuntansi Perusahaan Publik dan Investor Protection Act '(dalam Senat ) dan 'Perusahaan dan Audit Akuntabilitas dan Tanggung Jawab Undang-Undang (di Rumah ) dan biasanya disebut Sarbanes-Oxley, Sarbox atau SOX, yang diawal paragraph sudah dijelaskan ya apa itu sarbane oxley, Sarbox atau SOX.
Perlu kita tau nih bahwa RUU ini disahkan sebagai reaksi terhadap sejumlah besar skandal perusahaan dan akuntansi termasuk yang mempengaruhi Enron , Tyco International , Adelphia , Peregrine Systems dan WorldCom . Skandal-skandal, yang menelan biaya miliaran dolar investor ketika harga saham dari perusahaan yang terkena dampak runtuh, mengguncang kepercayaan publik di negara pasar sekuritas . Wow !!! Ini tidak berlaku untuk perusahaan swasta. Tindakan itu berisi 11 judul, atau bagian, mulai dari papan tambahan tanggung jawab perusahaan untuk hukuman pidana, dan membutuhkan Securities and Exchange Commission (SEC) untuk menerapkan hukum tentang persyaratan untuk mematuhi hukum. Harvey Pitt , ketua SEC 26, memimpin SEC di adopsi dari puluhan aturan untuk melaksanakan Sarbanes-Oxley Act. Ini menciptakan yang baru, lembaga kuasi-publik, dengan Akuntansi Perusahaan Publik Badan Pengawasan , atau PCAOB, bertugas mengawasi, mengatur, memeriksa dan mendisiplinkan perusahaan akuntansi, dalam peran mereka sebagai auditor perusahaan publik. Tindakan ini juga mencakup isu-isu seperti auditor kemerdekaan, tata kelola perusahaan , pengendalian internal penilaian, dan pengungkapan keuangan ditingkatkan.
Bro and Sist Apa aja ya yang 11 judul itu? Saya sebutkan pointnya saja yaa…belum ngerti juga tentang penjelasannya…lihat dibawah ini 11 judul tersebut ;

1.      Perusahaan Publik Akuntansi Dewan Pengawas (PCAOB)
2.      Auditor Kemerdekaan
3.      Tanggung Jawab Perusahaan
4.      Peningkatan Pengungkapan Keuangan
5.      Analis Konflik Kepentingan
6.      Komisi Sumber Daya dan Kewenangan
7.      Studi dan Laporan
8.      Perusahaan dan Pidana Penipuan Akuntabilitas
9.      Kejahatan Kerah Putih Hukuman Peningkatan
10.  Pengembalian Pajak Perusahaan
11.  Penipuan Akuntabilitas Perusahaan
Ada lagi nih peristiwa berkontribusi pada penerapan sarbane oxley. Berbagai faktor yang kompleks menciptakan kondisi dan budaya di mana serangkaian penipuan perusahaan besar terjadi antara 2000-2002 sangat spektakuler dipublikasikan penipuan di Enron, WorldCom , dan Tyco terkena masalah signifikan dengan konflik kepentingan dan praktek kompensasi insentif, Wow !!! bener-bener gag nyangka yaa perusahaan KAP terbesar yang disebut the big five itu bisa mnghancurkan dirinya sendiri dengan segenap penipuan yang dlakukannya. Analisis akar mereka kompleks dan kontroversial menyebabkan kontribusi terhadap bagian dari SOX pada tahun 2002. Dalam wawancara 2004, Senator Paul Sarbanes menyatakan:
Senat Komite Perbankan melakukan serangkaian pendapat tentang masalah-masalah di pasar yang telah menyebabkan hilangnya ratusan dan ratusan miliar, bahkan triliunan dolar nilai pasar Audiensi berangkat untuk meletakkan dasar bagi undang-undang. Kami mendengar 10 pendapat selama periode enam minggu, di mana kami membawa beberapa orang terbaik di negeri ini untuk bersaksi .Audiensi menghasilkan konsensus yang luar biasa pada sifat masalah, pengawasan akuntan tidak memadai, kurangnya independensi auditor, lemahnya prosedur tata kelola perusahaan, analis saham konflik 'kepentingan, ketentuan pengungkapan yang tidak memadai, dan pendanaan sangat tidak memadai dari Securities and Exchange Commission. "
Kayanya sementara ini hanya ini yang dapat saya tulis. Smoga bermanfaat yaa bagi pembaca. Jangan lupa follow my Blog niedanied.blogspot.com ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar